Kidung Pujian

Blog Seksi Musik HKBP Serpong

Kuberhagia

Lagu Kidung Jemaat No.392 : Kuberhagia
Lagu Buku Ende No.393 : Dung Tuhan Jesus
Judul Bahasa Inggris : Blessed Assurance

Teks ditulis oleh Frances Jane VanAlstyne, lebih dikenal dengan nama gadisnya yakni Fanny J. Crosby (1820-1915). Musiknya (Assurance) dibuat oleh Phoebe Palmer Knapp, yang lahir pada 9 Maret 1839 di New York. Phoebe adalah anak seorang evangelis metodist Walter C Palmer. Sejak kecil dia menunjukkan bakat yang tidak biasa dalam musik. Ibunya, yang juga bernama Phoebe Palmer adalah seorang penulis pujian juga. Pada umur yang sangat muda, 16 tahun, Phoebe menikah dengan seorang pebisnis yang sangat berhasil, Jospeh Fairfield Knapp. Pernikahan mereka dari segi mana pun digambarkan sangat ideal.

Anggota keluarga Knapp adalah anggota dari Gereja John St Methodist di New York, dimana Fanny Crosby juga menjadi anggota. Mereka menjadi saling kenal dan akrab, dimana Fanny adalah seorang penulis 8000 lagu pujian dan Nyonya Knapp adalah seorang yang gemar membuat musik/melody lagu.

Suatu sore pada tahun 1873, Phoebe mengunjungi Fanny (-yang sejak umur 6 bulan menderita buta-) dan berbagi cerita tentang musik melodi yang baru dia ciptakan. Fanny sangat terbiasa dengan langsung menulis teks lagu untuk sebuah melody yang baru saja dia dengar atau orang lain berikan. Jadi, Phoebe meminta Fanny pujian apa yang cocok untuk melody tersebut. Sambil tersenyum dan mengangkat kakinya ia menjawab “Blessed assurance, Jesus is mine; Oh! What a foretaste of glory divine”. Fanny terus mendiktekan ayat-ayat lagu dan Phoebe menuliskannya. Dan dalam waktu singkat kedua wanita tersebut telah menyelesaikan lirik yang cocok dengan melody lagu yang dibuat Phoebe, seperti yang kita nyanyikan saat ini.

Lagu pujian ini terlihat pertama sekali dalam buku “Gems of Praise” yang diterbitkan oleh John Robson Sweney. Selam hidupnya Phoebe Knapp menerbitkan lebih dari 500 lagu pujian. Setelah kematian suaminya tahun 1891, dengan penghasilan tahunan sekitar US $ 50.000 (sekitar 450 juta kurs Rp. 9000), dia banyak mendedikaskan hidupnya untuk membantu kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial.
Lagu ini terdapat pada hampir semua buku lagu rohani.

April 9, 2008 - Posted by | Cerita Kidung

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: